Kayu Jati Belanda
Rate this post

Kayu jati Belanda yang cukup populer, memiliki kisah latar belakang yang cukup unik, Pohon jati belanda ialah salah satu pohon yang begitu populer di indonesia. Pohon ini cukup populer karena memiliki serat atau corak yang bagus dan permukaan serat yang begitu halus.

Kayu jati belanda sangat mudah diolah sehingga banyak pengrajin yang menyukainya. Biasanya kayu jati belanda mudah dimanfaatkan untuk bahan dasar mebel, furniture kayu dan sebagainya.

Asal Usul Kayu Jati

Kayu Jati Belanda

Asal usul kayu jati pada dasarnya jenis kayu pinus yang berasal dari pinus merkusii yaitu spesis pinus asli dari Pulau Sumatera dan Pinus radiata yang berasa dari selandia baru atau New Zealand. Coraknya yang unik dan daya tahannya yang luar biasa menjadi alasan kenapa kayu jati menjadi pilihan sebagai bahan dasar. Salah satu jenis kayu jati yang cukup populer adalah kayu jati Belanda

Karakteristik Kayu Jati Belanda

Jika kayu jati cenderung lebih keras dan susah untuk dibentuk macam – macam, kayu jati belanda memiliki karakter yang lebih lunak. Meskipun kayu ini tetap memiliki ketahanan yang cukup kuat dan tahan terhadap benturan. Dari segi bobot kayu jati belanda lebih ringan dibandingkan kayu lainnya. Warna pun lebih cerah dibandingkan dengan varietas lainnya.

Jika dibiarkan sampai usia yang uckup tua, kayu akan memiliki guratan alami yang antik dan bisa dipakai sebagai bahan – bahan dasar perabotan tanpa harus dipercantik lagi.

Kelebihan Kayu Jati Belanda

Karakteristik Kayu Jati Belanda

1. Harga Murah

kayu jati belanda hadir dengan serat menarik namun harganya murah. Dengan harga yang murah bukan berarti kualitasnya buruk. Kayu jati belanda murah karena kayu lebih mudah tumbuh dan tidak mengenal musim dan bisa tumbuh di mana saja

2. Bobot Ringan

Bobotnya sangat ringan membuat barang – barang furniture yang terbuat dari kayu lebih mudah saat ingin dipindahkan

3. Daya Tahan Bagus

Walaupun ringan, daya tahan kayu jati belanda cukup baik. Kayu ini tahan terhadap benturan dan goncangan sehingga tidak mudah rusak

4. Tidak Berubah Bentuk

Bila jenis kayu lain selalu mengalami penyusutan atua pembengkakan karena faktor perubahaan suhu dan kelembapan. Kayu jati belanda memiliki sifat yang unik karena mampu mempertahankan bentuk aslinya dalam kurung waktu yang lama

Baca juga : Fakta unik kayu jati belanda

Kekurangan Kayu Jati Belanda

1. Perawatan Lebih

Furniture yang berasal dari kayu jati belanda ini membutuhkan perawatan yang cukup ekstra. Apabila kamu tergolong orang ang tetap menjaga furniture tetap terlihat cantik seperti saat awal membelinya. Poleslah furniture dari kayu jati belanda secara rutin agar warna aslinya tetap keluar.

2. Kandungan Getah Tinggi

Kayu jati belanda memiliki kandungan getah yang tinggi Hal bisa menggangu saat melakukan proses penyelesaian akhir karena bisa getah yang belum mengering akan membuat proses penempelan tidak sempurna. Sebaiknya kayu belanda jati diapstikan sudah kering secara menyeluruh sebelum di olah

Hal – Hal Yang Harus Di Ketahui Dari Kayu Jati Belanda

1. Belanda Cuma Nama

penambahan kata Belanda ternyata bukan dari kayu jati berasal dari belanda. kayu jati memang banyak tumbuh di luar negeri seperti Belanda, Jerman, Jepang selain itu ada di indonesia. Namun, hal ini tak membuat kayu jati belanda yang kita kenal disini berasal dari belanda.

Penamaan ini muncul pertama dari zaman penjajahan. Orang – orang belanda menggunakan kayu jati ini untuk membungkus paket – paket yang akan dikirim ke luar negeri. Sedangkan, masyarakat indonesia pada era tersebut kerap mengasosiasikan luar negeri dengan Belanda.

2. Bukan Kayu Jati Asli

Kayu jati belanda bukan dari jenis kayu jati asli, kayu ini merupakan kayu pinus. Bahan kayu ini banyak digunakan oleh belanda saat masih menjajah indonesia sebagai kayu palet atua kayu kemas dalam mengirim barang.

3. Jenis Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda banyak tumbuh di negara – negara lain. Namun kayu jati belanda yang paling populer digunakan berasal dari jenis pinus radiata (dari selandia baru) dan pinus merkusii. Kayu pinus memiliki potensi bisnis yang sangat besar karena digunakan sebagai bahan dasar perabotan di rumah. Maka tak heran jika pohon pinus dibudidayakan dengan jumlah yang besar.

Semoga bermanfaat, artikel tentang mengenal dekat kayu jati belanda dan wajib tahu, agar kamu bisa membedakan mana kayu jati asli dengan kayu jati belanda secara signifikan.

By Ferdian a rdiyansah

Ferdian ardiyansah, lahir pada 21 juni 1996 di Bandung, Indonesia, adalah seorang penulis blog dan ahli desain interior terkenal. , minatn pada lantai kayu mendorongnya untuk memulai blog "supplier lantai kayu" pada tahun 2010. Dalam blognya, Ferdian ardiyansah berbagi informasi tentang pemilihan, pemasangan, dan perawatan lantai kayu. Dengan fokus pada desain interior dan keindahan alam kayu

One thought on “Mengenal Dekat Kayu Jati Belanda, Wajib Tahu !”

Comments are closed.