Perbandingan Kayu Ulin Dan Kayu Jati Segi Kualitas
Rate this post

Perbandingan Kayu Ulin Dan Kayu Jati, kayu ini memiliki kekuatan keras & keawetan yang berbeda, saat ini kami akan mengulas kedua kayu ini untuk memudahkan Anda dalam menentukan bahan material yang cocok untuk dekorasi rumah.

Vendor lantai kayu akan membahas tentang perbandingan antara kayu ulin dak kayu jati untuk lebih mengenal, mari kita simak.

Permintaan yang tinggi membuat kayu memiliki nilai ekonomi. Banyak sektor yang membutuhkan kayu seperti kerajinan dan properti. Berbagai jenis kayu bisa dimanfaatkan secara umum masyarakat menjadikan kayu jati sebagai rujukan mereka.

Kayu jati lantaran dinilai awet, keras dan tak mudah lapuk. Padahal jenis kayu yang mampu menyaingi jati yakni kayu ulin. Berbeda dengan kayu jati, kayu ulin berasal dari pohon ulin, pohon asli indonesia, di kalimantan, kepulauan sulu, pulau bangka dan belitung

Dalam pemanfaatan kayu jati dan kayu ulin memiliki keunggulan di bidang kerajinan furniture lebih memilih kayu jati dibanding kayu ulin namun tak sulit untuk mengukir kayunya

Sekilas Kayu Ulin

Pohon kayu ulin memiliki ukuran tinggi besar dengan ketinggiannya yang bisa mencapai 50 meter dan diameternya yang mencapai 120cm. Kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, kelembapan hingga pengaruh air laut.

Dikarenakan tekstur yang sekeras besi, kayu ulin tidak akan mempan terhadap serangan rayap maupun jenis hama serangga pemakan kayu lainnya. Jika permintaan kayu ulin dipasaran selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Keberadaan pohon kayu ulin kian terancam punah sehingga keberadaannya semakin langka.

Karakteristik kayu memiliki kualitas yang begitu baik dan berada pada kelas awet dan kelas kuat dengan kualitas I. Densitasnya tinggi dengan nilai 0,88 – 1,20 sifat kayu keras. Banyak orang yang menjuluki kayu sebagai ironwood kalimantan atau kayu besi kalimantan

Sekilas Kayu Jati

Jati adalah kayu primadona masyarakat Jawa, jati disukai karena memiliki tampilan yang cantik dengan kualitas teknik yang secara umum baik. Kayu memiliki warna coklat dengan aksen jingga atau biasa disebut sebagai “honey brown” dalam bahasa inggris.

 

Kelas kuat dan awet berada pada rentang I hingga II. Densitas kayu 0,62 – 0,82 dengan kembang susut yang kecil. Kayu juga dikenal sebagai material yang mudah dikerjakan. Dipasaran, jati dijual dengan label grade A, B, dan C. Grade A adalah jati bagian teras yang kualitas paling baik, disusun kemudian grade B dan C merupakan gubal atau kayu muda jati.

Perbandingan Kayu Ulin Dan Kayu Jati

Kayu ulin dan kayu jati karena sama – sama tahan hama dan secara umum merupakan kayu yang kuat, baik jati ataupun ulin bisa untuk membuat lantai dek. Decking ulin dan decking jati sering digunakan pada pembangunan resort, vila, restoran mewah, hotel, perkantoran hingga rumah – rumah pribadi.

perbandingan kayu ulin dan kayu jati

Kayu kedua bisa digunakan untuk dekorasi decking kayu dari kedua kayu yang paling bagus untuk bahan pembuat decking kayu? dari kekuatan dan ketahanan, decking kayu ulin lebih unggul. Sebab secara umum, kayu ulin berada kelas I untuk kualitas awet dan kuat.

Kedua memiliki warna, kualitas dan keindahan yang berbeda. Jati memiliki warna khas coklat madu sementara ulin adalah coklat sesuai variannya.

Perbandingan Decking Kayu Ulin dan Decking Kayu Jati

Perbedaan Decking Jati Decking Ulin
Kekuatan I-II tergantung grade Umumnya I
Keawetan I-II tergantung grade Umumnya I
Kondisi saat semakin tua Terlihat indah dan mudah diolah Terlihat indah namun semakin keras sehingga sulit diolah lagi
Harga Murah Mahal
Tampilan Berwarna coklat tua dengan aksen jingga hingga coklat muda keputihan Berwarna coklat kemerahan (jenis tando), coklat kekuningan (ulin tembaga), coklat muda (ulin kapur), dan lilin (coklat gelap).

Itulah perbandingan kayu ulin dan kayu jati paling cocok. Pada akhirnya baik jati ataupun ulin menawarkan kelebihan yang sama menguntungkan

  • Memasang decking kayu ulin atau decking kayu jati bisa meningkatkan harga jual suatu properti sehingga pemasang dapat dikatakan sebagai investasi
  • Kayu semakin menua tetap terlihat indah. Kayu bisa dicat ulang terlihat bagus.
  • Tidak mudah lapuk terkenang air, perubahan suhu dan faktor lainnya

Inilah pembahasan perbandingan kayu ulin dan kayu jati, semoga bermanfaat untuk Anda dengan pembahasan ini bila ingin mengetahui harga decking kayu outdoor bisa kunjungi website kami.

By Ferdian a rdiyansah

Ferdian ardiyansah, lahir pada 21 juni 1996 di Bandung, Indonesia, adalah seorang penulis blog dan ahli desain interior terkenal. , minatn pada lantai kayu mendorongnya untuk memulai blog "supplier lantai kayu" pada tahun 2010. Dalam blognya, Ferdian ardiyansah berbagi informasi tentang pemilihan, pemasangan, dan perawatan lantai kayu. Dengan fokus pada desain interior dan keindahan alam kayu