Rate this post

cara mengukur tangga kayu, mungkin di antara Anda yang pingin tau berapa sih anak tangga yang perlu di sediakan bilang ingin membuat tangga kayu pada ruangan, disini Anda bisa belajar untuk menghitung berapa banyak anak tangga yang akan diperlukan pada sebuah bangunan.

kelebihan kamu bisa memperhitungkan budget untuk membeli papan kayu trap yang pas, agar tidak berlebih dalam membeli material, Dalam menghitung budge untuk papan kayu untuk tangga bisa melihat harga papan tangga kayu terlebih dahulu

Sangat penting untuk faktor keselamatan sehingga bagi Anda yang sedang ingin membangun bangunan dengan 2 lantai ataupun menambah lantai yang baru pada bangunan yang sudah ada. Mari kita cari tahu bagaimana caranya menghitung jumlah anak tangga dibutuhkan pada rumah.

Cara Menghitung Anak Tangga

cara menghitung anak tangga ketika membangun tangga dalam mengetahui berapa jumlah anak tangga yang akan diperlukan untuk bisa mengakses lantai yang berada di atas. Beberapa langkah yang harus dilalui demi bisa mendapatkan jumlah yang pas.

Baca juga :  8 Step Cara Memasang Tangga Kayu

Menghitung Detail Tangga Yang Nyaman

Cara menghitung anak tangga yang nyaman, Anda juga perlu mengetahui seperti apa ukuran tangga yang ideal agar nyaman digunakan sebagai pijakan. Berikut rumus yang sering digunakan agar sebuah struktur bangunan tangga nyaman dibuat melangkah :

2t + l = (60 – 65 cm) Ukuran Anak Tangga yang Ideal

t = tinggi ukuran anak tangga

l = lebar pijakan anak tangga

Faktor berpengaruh ketika pengguna menaiki atau menuruni tangga adalah tinggi dan lebar anak tangga. Pada tinggi dan lebar anak tangga yang diambil agar bisa merasakan langkah yang paling nyaman adalah :

  • Lebar anak tangga = 26 – 30 cm agar tapak kaki dapat berpijak penuh.
  • Tinggi anak tangga = 16 -20 cm, agar mudah untuk dinaiki

Hasil dari rumus tersebut harus bisa berada antara angka 60 – 65 cm yang merupakan ukuran anak ideal.

Sebagai contoh

Diketahui tinggi anak tangga 20 cm dan lebar anak tangga 30 cm. Gunakan rumus 2t + l = (2 x 20) + 30 = 70cm. Ukuran anak tangga > 60 – 65 cm berarti terlalu curam tidak nyaman untuk digunakan

Tinggi anak tangga 15cm dan lebar anak tangga = 30cm. Gunakan rumus 2t + l = (2×15)+ 30 = 60cm. Ukuran anak tangga berada di ukuran ideal yaitu 60 – 65 cm sehingga nyaman untuk digunakan.

Rumus Menghitung Jumlah Anak Tangga Yang Diperlukan

Rumus menghitung untuk anak tangga diantara (h/t)-1 dengan h adalah tinggi struktur bangunan tanggan dan t tinggi anak tangga. Contohnya adalah jika tinggi bangunan tangga yang direncanakan adalah 350cm dan tinggi anak tangga adalah 15cm, maka jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah :

(350/15)-1 = 23,3 -1 = 22,3

Jadi, anak tangga yang dibutuhkan jika dibulatkan adalah 22 buah.

 

By Ferdian a rdiyansah

Ferdian ardiyansah, lahir pada 21 juni 1996 di Bandung, Indonesia, adalah seorang penulis blog dan ahli desain interior terkenal. , minatn pada lantai kayu mendorongnya untuk memulai blog "supplier lantai kayu" pada tahun 2010. Dalam blognya, Ferdian ardiyansah berbagi informasi tentang pemilihan, pemasangan, dan perawatan lantai kayu. Dengan fokus pada desain interior dan keindahan alam kayu